Kode Etik

Kode etik merupakan panduan tentang arah perilaku yang harus dituju dan dianut oleh auditor SPI UIN Sunan Ampel meliputi:

  1. Jujur, obyektif, cermat dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas dan memenuhi tanggung-jawabnya.
  2. Memiliki integritas dan loyalitas tinggi terhadap profesi, UIN Sunan Ampel dan SPI, serta tidak boleh secara sadar terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang menyimpang atau melanggar hukum dan atau yang dapat mendiskreditkan profesi auditor SPI.
  3. Menghindari perbuatan yang merugikan atau patut diduga dapat merugikan UIN Sunan Ampel serta aktivitas yang bertentangan dengan kepentingan UIN Sunan Ampel.
  4. Menghindari situasi dan kondisi yang mengakibatkan tidak dapat melakukan tugas dan kewajiban secara obyektif.
  5. Tidak menerima janji, imbalan dan/atau apapun dari pihak manapun yang terkait langsung atau tidak langsung dengan pengawasan.
  6. Tidak memanfaatkan data dan informasi yang diperoleh untuk kepentingan atau keuntungan pribadi dan atau pihak lain yang tidak memiliki hak.
  7. Tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan atau patut diduga dapat menimbulkan kerugian bagi UIN Sunan Ampel dengan alasan apa pun.
  8. Melaporkan semua hasil pengawasan dan/atau audit kepada Rektor dengan mengungkapkan kebenaran dan tidak menyembunyikan hal yang dapat merugikan UIN Sunan Ampel dan/atau dapat melanggar hukum. Termasuk mengungkapkan semua fakta-fakta yang jika tidak diungkap dapat (i) mendistorsi laporan atas kegiatan yang direviu, atau (ii) menutupi adanya praktik-praktik yang melanggar hukum.
  9. Mematuhi sepenuhnya standar profesi SPI, kebijakan Rektor dan peraturan perundangan.
  10. Senantiasa meningkatkan keahlian untuk efektifitas dan kualitas pelaksanaan tugasnya, serta wajib mengikuti pendidikan professional berkelanjutan.
  11. Melaksanakan seluruh penugasan dengan meng-gunakan kompetensi profesional yang dimiliki.