PIAGAM

PIAGAM SPI

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UIN Sunan Ampel) bertekad menerapkan Good University Governance (GUG) untuk dapat mencapai visi yang ditetapkan. Dalam penerapan tata kelola universitas yang baik diperlukan praktik pengawasan intern yang profesional dan handal.

Pengawasan intern adalah seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

Untuk keperluan itu ditetapkan Piagam SPI, suatu pernyataan komitmen dan pengakuan Rektor UIN Sunan Ampel atas keberadaan dan berfungsinya Satuan Pemeriksa Intern (SPI) pada UIN Sunan Ampel yang mengatur visi, misi, kedudukan, wewenang, tugas dan tanggung jawab, ruang lingkup aktivitas, pola hubungan, dan dilengkapi kode etik dan standar profesi.

Selanjutnya, Piagam SPI ini mendasari penyusunan dokumen pengawasan lain seperti kebijakan pengawasan, standar pengawasan, manual mutu pengawasan dan manual prosedur pengawasan yang perlu diketahui dan dipahami oleh setiap pemeriksa SPI serta seluruh jajaran manajemen dan staf di lingkungan UIN Sunan Ampel.

SPI UIN Sunan Ampel diberi peran penuh dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya berkaitan dengan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan, kinerja universitas, berjalannya sistem pengendalian intern, kepatuhan terhadap undang-undang dan peraturan yang berlaku, kecukupan mitigasi risiko, serta bekerja sama dengan auditor eksternal.

 

Surabaya,    Mei 2014

UIN Sunan Ampel

Rektor

 

 

Prof. Dr. H. Abd. A’la, M.Ag

NIP.195709051988031002