Struktur Organisasi

Sesuai kedudukannya, SPI UIN Sunan Ampel merupakan organ pengawasan universitas bersifat yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor.

Bagan Organisasi pada Lingkup Universitas

Dalam melaksanakan fungsinya, SPI dipimpin oleh seorang Kepala dengan dibantu seorang sekretaris dan para koordinator bidang. Pada tahap awal, bidang-bidang SPI meliputi bidang keuangan, bidang sumber daya manusia, bidang pengadaan barang-jasa dan barang milik negara, serta bidang Pengembangan, Perencanaan dan Evaluasi. Di masa mendatang bidang-bidang ini dapat dikembangkan sesuai kebutuhan universitas.

 

Dalam pelaksanaan audit disesuaikan dengan kebutuhan audit dan bagan struktural berubah menjadi bagan fungsional yang terinci sebagai berikut :

  1. Kepala bertugasmemimpin dan mengkoordinasikan sumber daya SPI, melaksanakan tugas berdasarkan kebijakan Rektor, dan sebagaiauditor.
  2. Sekretarisbertugas membantu Kepala SPI dengan memberikan dukungan administrasi, keuangan, ketenagaan, pelaporan,dan melaksanakan tugas khusus yang diberikan Kepala SPI, serta sebagai auditor.
  3. Kordinator Bidang Keuangan bertugas membantu Kepala SPI dalam menyusun instrument audit, menyusun perencanaan dan melaksanakan audit,menyusun laporan hasil audit, melaksanakan koordinasi tugas pemeriksaan keuangan dengan auditor eksternal, serta melaksanakan tugas khusus yang diberikan Kepala SPI.
  4. Koordinator Bidang Sumber Daya Manusia bertugas membantu Kepala SPI dalam menyusuninstrument audit, menyusunperencanaan dan melaksanakan audit, menyusun laporan hasil audit,melaksanakankoordinasi tugas pemeriksaan bidang sumber daya manusia, serta melaksanakan tugas khusus yang diberikan Kepala SPI.
  5. Koordinator Bidang Pengadaan Barang dan Jasa(PBJ) dan Barang Milik Negara(BMN) bertugas membantu Kepala SPI dalam menyusuninstrument audit, menyusun perencanaan dan melaksanakan audit,menyusun laporan hasil audit, melaksanakankoordinasi tugas pemeriksaan bidang PBJ dan BMN, serta melaksanakan tugas khusus yang diberikan Kepala SPI.
  6. Koordinator Bidang Pengembangan, Perencanaan dan Evaluasi bertugas membantu Kepala SPI dalam mengkoordinasikan penyusunan instrument audit, mengembangkan sistem audit, menyusun perencanaan dan upaya peningkatan kualitaskinerja auditor,melakukan evaluasi terhadap efektivitas dan efisiensi kinerja SPI, serta melaksanakan tugas khusus yang diberikan Kepala SPI.