«

»

May 11

Kegiatan Workshop Manajemen Organisasi Satuan Pengawasan Internal

“Mempertegas Peran dan Fungsi Satuan Pengawasan Internal di Lingkungan PTKIN”

SPI UIN Sunan Ampel menyelenggarakan kegiatan Workshop Manajemen Organisasi Satuan Pengawasan Internal pada hari Minggu – Selasa, tanggal 22- 24 April 2018 bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam yang diselenggarakan di GreenSA Inn, Jalan Raya Juanda- Sidoarjo.

Dalam Laporannya, Ketua Panitia S. Khorriyatul Khotimah menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 49 peserta dari 44 PTKIN atau sekitar 76% dari 58 PTKIN. Hal ini menggambarkan semangan SPI PTKIN untuk menguatkan peran dan fungsinya dalam pengawasan non akademik.

Rektor UIN sunan Ampel Prof. Dr. Abd A’la, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan selamat pada SPI PTKIN yang baru dibentuk dan menyampaikan harapannya agar kegiatan yang diselenggarakan dapat menguatkan peran dan fungsi SPI di PTKIN. Acara dibuka secara resmi oleh Direktur PTKI Prof M. Arskal Salim GP, M.Ag.  Materi Brainstorming Kebijakan Pengawasan SPI oleh Kasubbag TU Abdullah Hanif, S.Ag.

Irjen Kemenag Prof. Dr. H. M. Nur Kholis Setiawan, MA dalam pemaparannya menyampaikan tentang Kebijakan Pengawasan internal pada kementerian Agama. Beliau menyampaikan betapa pentingnya peran SPI PTKIN dalam mengawal tercapainya status WTP pada Kemenag. Hal ini sejalan dengan materi “Pengelolaan Peran dan Fungsi SPI Perguruan Tinggi” dan “Penyusunan Program Pengawasan SPI” yang disampaikan oleh dua narasumber dari SPI Universitas Jember (Unej) yaitu Kepala SPI Unej Dr. Ir. Tri Candra S., MSi,QIA dan Sekretaris SPI Unej yang sekaligus sekretaris Forum SPI  dari Kemenristek DIKTI Taufikurrohman SE., MSA., Ak,CA,QIA,CRrA,AAP-B.

Kegiatan terakhir adalah kunjungan lapangan ke kampus UIN Sunan Ampel. Peserta mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan auditi di lingkungan UINSA dari Biro AUPK (Administrasi Umum, Kegawaian, dan Keuangan) melalui forum dialog. Para peserta mendapatkan gambaran kerjasama dan pengawasan yang dilakukan oleh SPI sebagai bentuk upaya bersama dalam pengelolaan menuju WBK WBBM di UIN Sunan Ampel.

Pembukaan oleh Direktur PTKI Prof. Arskal   Peserta Worshop SPI bersama Narasumber dari Unej

   Narasumber dari SPI Universtas Jember

Pengarahan dari Irjen Prof Nur Kolis   Sharing pengalaman dg unit-unit di UINSA